Skip to main content

MEDIA MASSA DI INDONESIA PADA SAAT INI


MEDIA MASSA DI INDONESIA PADA SAAT INI






PENGERTIAN MEDIA MASSA

Pemahaman dan Pengertian Media Massa mempunyai harti dan makna yang berbeda beda dan luas. Adapun Menurut Leksikon Komunikasi media massa merupakan suatu sarana untuk menyampaikan sebuah pesan yang berkaitan atau berhubungan secara langsung dengan masyarakat umum seperti surat kabar.

            

MEDIA MASSA SECARA SIMPLE

Media massa yakni sebuah alat atau barang yang digunakan ketika penyampaian suatu pesan dari sumbernya kepada penerima seperti khalayak umm (masyarakat) dengan menggunakan alat komunikasi mekanik misalnya surat kabar. (Cangara, 2002).
            
Karakteristik Media Massa

Adapun karakteristik media massa yang diantaranya yaitu:


  •  Publisitas yaitu yang disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
  • Universalitas yaitu pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebagai sasarannya masyarakat umum.
  • Kontinuitas yaitu berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
  • Aktualitas yaitu yang berisi hal-hal baru, aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
  • Periodisitas yaitu tetap atau berkala, seperti misalnya harian, meingguan ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.
FUNGSI MEDIA MASSA Menurut UU No. 40/1999 Tentang PERS
  • Menginformasikan (to inform)
  •  Mendidik (to educate)
  •  Menghibur (to entertain)
  • Pengawasan Sosial (social control) 
  • pengawas perilaku publik dan penguasa.
Jadi, bagaimana kondisi media massa di indonesia dipandang secara pragmatisme dan idealisme?  Kondisi media massa di Indondesia saat ini lebih codong ke pragmatisme dimana media massa saat ini tidak hanya menyampaikan informasi dan hiburan saja, tetapi juga mempunyai kepentingan lain yang tidak diketahui oleh masyarakat awam. Hal semacam itu menimbulkan konsekuensi baru bahwa terjadi pergeseran esensi mana dari media massa itu sendiri. Kini berubah tak lebih sebagai bisnis komersialisasi. Pada akhirnya nilai komersialisasi acara menjadi hal yang selalu ditampilkan, apakah itu menggangu kepentingan orang lain atau tidak, para pemilik modal tidak peduli, uang dipedulikan hanyalah bagaimana dia untung sebanyak mungkin dengan berjuta-juta cara. Sehingga dapat disimpulkan media massa pada saat ini hanya memenitngkan rating uang dan kesenangan petinggi petinggi saja tanpa mementingkan masyarakatnya.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN KUNJUNGAN KE KORAN KEDAULATAN RAKYAT

LAPORAN KUNJUNGAN KE KORAN KEDAULATAN RAKYAT Surat Kabar Kedaulatan Rakyat (KR) mulai terbit sejak tanggal 27 September 1945, atau lebih tepatnya, 40 hari setelah Indonesia merdeka. Kedaulatan Rakyat merupakan surat kabar media massa tertua di Indonesia yang masih hidup hingga saat ini. Kedaulatan Rakyat yang didirikan oleh HM. Samawi dan M. Wonohito adalah surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta. Surat kabar Kedaulatan Rakyat terbit setiap harinya dengan jumlah halaman yang awalnya hanya 16 halaman, namun kini telah berkembang menjadi 32 halaman, dan oplah lebih dari 125.000 kopi. Kantor utama Kedaulatan Rakyat berada di Jl. P. Mangkubumi, sedangkan kantor yang berada di Jl. Solo hanya melakukan proses percetakan koran. Pada setiap harinya, Kedaulatan Rakyat mencetak 100.000 ekslempar koran dan disesuaikan pemetaan penyebarannya. Kedaulatan Rakyat memuat berita-berita yang ada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, serta terdapat pula konten-konten berita seperti N