MEDIA
MASSA DI INDONESIA PADA SAAT INI
PENGERTIAN MEDIA MASSA
Pemahaman dan Pengertian Media Massa mempunyai harti
dan makna yang berbeda beda dan luas. Adapun Menurut Leksikon Komunikasi media
massa merupakan suatu sarana untuk menyampaikan sebuah pesan yang berkaitan
atau berhubungan secara langsung dengan masyarakat umum seperti surat kabar.
MEDIA
MASSA SECARA SIMPLE
Media massa yakni sebuah alat atau barang yang
digunakan ketika penyampaian suatu pesan dari sumbernya kepada penerima seperti
khalayak umm (masyarakat) dengan menggunakan alat komunikasi mekanik misalnya
surat kabar. (Cangara, 2002).
Karakteristik
Media Massa
Adapun karakteristik media massa yang diantaranya yaitu:
Adapun karakteristik media massa yang diantaranya yaitu:
- Publisitas yaitu yang disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
- Universalitas yaitu pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebagai sasarannya masyarakat umum.
- Kontinuitas yaitu berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
- Aktualitas yaitu yang berisi hal-hal baru, aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
- Periodisitas yaitu tetap atau berkala, seperti misalnya harian, meingguan ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.
FUNGSI MEDIA MASSA Menurut UU No. 40/1999 Tentang PERS
- Menginformasikan (to inform)
- Mendidik (to educate)
- Menghibur (to entertain)
- Pengawasan Sosial (social control)
- pengawas perilaku publik dan penguasa.
Jadi, bagaimana kondisi media massa di indonesia
dipandang secara pragmatisme dan idealisme? Kondisi media massa di Indondesia saat ini
lebih codong ke pragmatisme dimana media massa saat ini tidak hanya
menyampaikan informasi dan hiburan saja, tetapi juga mempunyai kepentingan lain
yang tidak diketahui oleh masyarakat awam. Hal semacam itu menimbulkan konsekuensi
baru bahwa terjadi pergeseran esensi mana dari media massa itu sendiri. Kini
berubah tak lebih sebagai bisnis komersialisasi. Pada akhirnya nilai
komersialisasi acara menjadi hal yang selalu ditampilkan, apakah itu menggangu
kepentingan orang lain atau tidak, para pemilik modal tidak peduli, uang
dipedulikan hanyalah bagaimana dia untung sebanyak mungkin dengan berjuta-juta
cara. Sehingga dapat disimpulkan media massa pada saat ini hanya memenitngkan
rating uang dan kesenangan petinggi petinggi saja tanpa mementingkan
masyarakatnya.
Comments
Post a Comment